2008-08-09

kura-kura piaraan, makanan

Jadi Anda akhirnya memilih kura-kura yang menurut hati Anda paling cocok dengan Anda. Tentunya dia perlu diberi makanan agar bisa menemani Anda sampai beberapa puluh tahun ke depan. Kura-kura binatang yang cukup mudah untuk dipelihara dan panjang umur, jadi Anda harus siap memeliharanya untuk waktu yang lama.

Bahasan kali ini sepengetahuan saya adalah untuk kura-kura hijau dengan tanda merah di samping kepalanya (red ear slider). Mungkin semua jenis kura-kura makanannya mirip, dengan pengecualian kura-kura darat. Jadi pastikan dulu dengan membaca buku atau mencari di internet.

Kura-kura adalah omnivora (pemakan segala) yang cenderung herbivora (pemakan tumbuhan). Selama tahun pertama, lebih cocok diberi makan pellet untuk reptil yang biasa bisa dibeli di toko ikan hias. Harga tergantung budget Anda. Bila kura-kura yang dibeli berukuran kecil, kira-kira 3 cm, boleh dihitung sebagai tahun 0 (baru lahir).

Kura-kura kadang bersifat rakus, dia akan makan meskipun tidak lapar. Jadi, kita sebagai pemilik yang harus menakar makanannya. Kelebihan makan akan mengakibatkan penyakit seperti gangguan pencernaan, pertumbuhan cangkang yang terlalu cepat, kegemukan, dan sebagainya. Takaran yang tepat untuk pellet adalah volume yang kira-kira sebesar kepalanya (tidak termasuk leher) per hari.

Awas, kura-kura sehat akan berenang ke arah Anda dengan bersemangat seperti hendak meminta makan. Jangan mudah tergoda untuk memberi makan bila jatah hariannya sudah terpenuhi. Jangan terpengaruh rayuan kura-kura! :-D

Kelebihan makan akan mengakibatkan penyakit seperti yang ditulis di atas. Sedangkan kekurangan makan akan memperlambat pertumbuhannya. Kalau tidak salah, idealnya pada ulang tahun pertama panjang cangkang lurus kira-kira 10 cm.

Setelah tahun pertama, makanan utamanya perlu diganti menjadi sayuran. Yang paling cocok katanya adalah lettuce (terjemahannya daun selada bukan ya?) Tapi ada baiknya juga diberi pellet sekitar seminggu sekali untuk keseimbangan gizinya. Katanya sayuran perlu diperkenalkan sedini mungkin. Tapi bila sayuran tidak mau dimakan, akibatnya akuarium cepat menjadi kotor. Untuk Heine (kura-kura saya), saya pikir akan saya beri pellet saja setiap hari selama tahun pertamanya. Setelah ulang tahun pertama baru saya beri sayuran, semoga dia suka.

Buah-buahan boleh diberikan kalau kura-kura Anda suka, tetapi jarang-jarang sekali, misalnya sekali sebulan. Ikan hidup (feeder) bisa juga diberikan, tapi juga jarang-jarang sekali. Kandungan lemak yang tinggi pada feeder kurang baik untuk kesehatannya.

Bagaimana bila Anda tidak sempat memberi makan? Kura-kura masih bisa bertahan beberapa hari tanpa makan, jadi 1-2 hari seharusnya tidak mengapa.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan baca sendiri di sini. Penerapan saya pada Heine saya ambil dari website tersebut.

1 komentar:

  1. Merry Christmas 2008 and Happy New Year 2009, To!

    All the best to your fam in 2009! :)

    BalasHapus