2011-10-30

Cisco VPN Client untuk BCA Online Banking KlikBCA

Dua hari lalu saya mencoba meng-install Cisco VPN Client dari CD dalam paket KlikBCA Bisnis untuk urusan online banking.  Tapi saya mengalami masalah dalam instalasi ini.  Berikut penyebab masalah dan solusi yang akhirnya saya gunakan.

Isi folder VPN_Client dari CD saya copy ke harddisk.  Ketika pertama kali file setup.msi di-double click, window setup normal terbuka dan tahapan instalasi bisa dipilih (next, dan sebagainya).  Sampai pada tahap terakhir, sisa 2 detik, proses setup berhenti cukup lama.  Saya memutuskan untuk meng-klik cancel dan proses instalasi berhenti.  Di sini masalah mulai muncul.

Ketika file setup.msi di-double click kembali, tidak ada window setup yang terbuka.  Beberapa kegiatan nampak dilakukan dengan sangat cepat, lalu keluar pesan error bahwa tidak ditemukan file installservice.exe.  Proses instalasi gagal dan tidak ada tambahan folder maupun daftar di Add/Remove Software (Control Panel).

Setelah mencari sana sini dengan google, solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan command prompt (start > run... > cmd).  Pergi ke folder tempat file setup.msi berada, lalu ketik:
msiexec /i setup.msi /qb
Option /qb adalah untuk meminta window setup basic GUI dijalankan, bukan silent yang sepertinya entah kenapa dipilih setelah gagal install yang pertama.

Setelah itu proses instalasi berjalan dengan baik dan Cisco VPN Client untuk KlikBCA berhasil di-install.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar