2006-02-04

pikiran & keinginan

Tahun lalu, saya pernah membaca atau mendengar: agama tidak perlu dibela. Pernyataan ini membuat saya berpikir dan merenung. Menurut saya ini memang benar, karena agama adalah hak asasi yang sangat pribadi.

Bila agama sampai perlu dibela, berarti secara sangat tidak langsung ada keinginan untuk memaksakan pendapat pribadi. Lagipula, bukankah agama adalah cara manusia untuk beribadah kepada Tuhannya? Apa artinya usaha manusia dibandingkan dengan kebesaran Tuhan yang disembahnya?

Memang benar, kita sebagai manusia harus bisa saling menghargai dan bertoleransi. Namun kita tidak perlu merasa tersinggung bila agama kita dicela dan sebagainya, biarlah Tuhan kita yang membalas orang yang melakukan perbuatan tidak terpuji itu. Dengan demikian, kita tidak bisa disalahkan karena perbuatan kita. Lebih baik kita berdoa dan berharap semua orang bisa dimaafkan dosanya.

Baik, pindah ke topik-topik yang lebih ringan. Saya sedang ingin membeli mobil Honda Jazz VTEC terbaru. Kelihatannya mobilnya cukup baik karena menarik dan hemat bahan bakar. Semoga dalam waktu dekat bisa diuji coba di jalan, jadi buat bahan pertimbangan lagi.

Hari Jumat saya membaca artikel menarik di Kompas tentang bahasa. Artikel ini saya rasa ditulis oleh seorang Swedia yang mendalami Bahasa Indonesia. Tidak tahu apakah disebabkan karena istrinya orang Indonesia atau karena dia memang mencintai Bahasa Indonesia. Ah, andai saja bisa ada lebih banyak orang Indonesia yang mencintai bahasanya sendiri. Dengan demikian, mungkin konsentrasi bangsa ini bisa dialihkan ke hal-hal yang lebih positif dibanding penggunaan kekerasan untuk menyelesaikan semua hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar